Toraja Film Festival 2018 Kompetisi Film Pendek, Video Profil Pariwisata, dan Video Tantangan Satu Menit

Toraja

Info Lomba Juli 2018 | Kompetisi Film berikut ini kembali diselenggarakan pada bulan Juli - Agustus 2018 oleh PT. Toraja Media Mandiri didukung oleh Pemerintah Kabupaten Toraja Utara. Festival Film Toraja 2018 merupakan kompetisi film dengan 3 kategori utama yakni kategori Film Pendek, Video Profil Pariwisata, dan Video Tantangan Satu Menit. Festival Film Toraja 2018 digelar dengan tujuan di antaranya adalah menjadi ajang untuk menyalurkan aspirasi, kreasi dan imajinasi positif, sebagai pengalih potensi negatif. Serta untuk membangkitkan pemuda-pemudi Toraja untuk berkarya dalam bidang Film, sekaligus memperkenalkan Toraja pada level Nasional bahkan Internasional.

Link Terkait: Toraja Film Festival 2017 Kompetisi Film Pendek

Toraja Film Festival 2018 Kompetisi Film Pendek, Video Profil Pariwisata, dan Video Tantangan Satu Menit

DEADLINE: 10 Juli 2018

Film adalah medium audio visual yang mempunyai kekuatan yang luar biasa dalam mempengaruhi audiens. Film menyajikan representasi atas rekaman realitas. Melalui film para pemuda bisa menyalurkan aspirasinya secara kreatif, terbuka dan jujur tentang lingkungannya. Selain itu film merupakan karya seni gabungan yang menkonvergensikan seluruh karya seni (teater, musik, lukis, rupa, dan lain-lain) kedalam satu bentuk karya. Energi besar pemuda dapat disalurkan ke dalam medium audio visual ini untuk menghasilkan karya-karya dengan muatan pesan positif. Film-film dengan muatan positif ini, jika ditonton akan mempengaruhi penontonnya untuk melakukan tindakan-tindakan positif dalam kesehariannya. Efek yang ditimbulkan yakni efek Snowball (bola salju) yang semakin membesar jika menggelinding terus dan menjadi sebuah gerakan bersama.

Pertumbuhan filmmaker di Indonesia semakin meningkat dari tahun ke tahun, dan dengan semakin banyaknya filmmaker di Indonesia kami sebagai pelaku dalam dunia film sendiri juga memerlukan sebuah langkah untuk mengapresiasi berbagai karya yang sudah mereka produksi. Kami menganggap tahapan apresiasi sendiri juga merupakan salah satu pemicu bagi para filmmaker untuk terus berkarya yang pada akhirnya juga akan mengangkat perindustrian film di Indonesia.

Melihat perkembangan Filmmaker di Indonesia yang begitu pesat, maka Toraja ke depan ini saatnya membangkitkan pemuda(i) nya untuk berkarya dalam bidang Film, untuk memperkenalkan Toraja pada level Nasional bahkan Internasional.

Meskipun baru pertama kali dilaksanakan di Toraja, Festival Film Toraja merupakan kegiatan yang pertama kali dilaksanakan di Sulawesi-Selatan bahkan bagian Indonesia Timur. Festival Film Toraja ini sendiri secara garis besar adalah sebuah hajatan besar dari orang-orang yang berkecimpung di dunia film yang di tujukan untuk masyarakat Toraja di manapun berada dan juga terbuka bagi umum siapapun yang ingin berpartisipasi dalam Festival Film Toraja. Tujuan dari adanya Festival Film Toraja ini adalah akan mengapresiasi para pembuat film yang telah berkarya melalui filmnya, dengan mengedepankan kolaborasi di setiap divisi dengan berbagai komunitas kreatif yang nantinya di harapakan akan memunculkan suasana industri kreatif di Toraja. Para filmmaker akan bercerita lewat film baik bersifat Dokumenter maupun Fiksi, beragam solusi dan cara pandang tentang Toraja dan masalahnya, Tujuan lain dari acara Festival Film Toraja itu sendiri adalah “memasyarakatkan film” pada seluruh elemen masyarakat. Dengan banyaknya titik road show film yang di rancang juga di harapkan akan membuat budaya menonton dalam masyarakat Toraja.

Tujuan Kegiatan

Memperluas Jaringan Nasional dengan menghadirkan pelaku film di Indonesia sebagai Narasumber / pembicara dalam acara – acara TFF Membentuk embrio para kreator-kreator film yang mampu menghasilkan karya film yang bermanfaat bagi sesama yang nantinya memunculkan industri film Sebagai bentuk media literasi (melek media) kepada pelajar dan masyarakat agar mampu menggunakan medium audio visual kearah yang lebih positif Memberikan ajang untuk menyalurkan aspirasi, kreasi dan imajinasi positif, sebagai pengalih potensi negatif.

Mempromosikan Toraja sebagai daerah Tujuan Wisata, industri dan pendidikan Mendorong pembuat film untuk mencintai Toraja dengan cara merespon dan peduli apa yang terjadi dilingkungannya dan di wujudkan dalam bentuk karya film Membina komunitas Film di Toraja melalui seminar dan pelatihan. Promosi film yang berasal dari Toraja untuk Pasar Nasional.

Latar Belakang

Film dapat dikatakan sebagai salah satu media hiburan yang paling populer, selain televisi tentunya. Menonton film, baik itu di bioskop, melalui DVD/VCD bajakan maupun yang orisinil, atau justru menonton film di televisi, telah menjadi sarana eskapasi diri yang menyenangkan.

Melalui film sebenarnya kita banyak belajar tentang budaya. Baik itu budaya masyarakat di mana kita hidup di dalamnya, atau bahkan budaya yang sama sekali asing buat kita.

Film juga dilihat sebagai media sosialisasi dan media publikasi budaya yang ampuh dan persuasif. Begitu pula dengan audiensnya. Mereka dengan sadar datang menonton film salah satunya untuk mengenal budaya yang lainnya. Mereka menonton film Iran karena ingin tau bagaimana kehidupan sosial budaya masyarakat Iran dan berbagai dinamikanya.Belum lagi film Ceko, Hongaria, Cile, Korea Utara, dan sebagainya. Negara Indonesia adalah negara yang sangat kaya akan kebudayaan, mulai dari suku bangsa, tarian, musik, adat, bahasa dan lain sebagainya.

Indonesia dikenal sebagai surga kebudayaan, begitu banyak budaya yang diciptakan dari kearifan lokal, yang menegaskan daya pikir, dan kreasi masyarakat Indonesia yang beragam. Hanya saja, sebagian besar orang melihat budaya sebagai suatu hal kuno yang erat kaitannya dengan masyarakat tradisional, padahal sesungguhnya dalam masyarakat modern pun budaya selalu ada dalam setiap aspek kehidupannya. Budaya bukan soal kesenian saja, tetapi budaya merupakan sebuah cara hidup dari sebuah masyarakat yang tercipta dari identitas masyarakat tersebut. Sebagaimana identitas, budaya dalam setiap masyarakat mempunyai perbedaan, bahkan dalam hal yang mendasar dalam segala aspek, seperti hal yang dianggap baik, toleransi, kesopanan dan lain lain yang selalu berbeda dalam setiap masyarakat, maka dapat disimpulkan bahwa budaya merupakan intrepetasi dari identitas suatu masyarakat yang tentunya akan berbeda dalam setiap masyarakatnya.

Cultural Respect

Toraja Film Festivas disingkat TFF yang untuk kali pertama kalinya telah sukses dilaksanakan di Tahun 2017. Melihat ke belakang, TFF 2017 yang diselenggarakan telah dikunjungi peserta dari berbagai belahan Indonesia lainnya yang kesemuanya membicarakan Ke-Indonesian-annya dan kesemuanya sedang berbicara dan berdiskusi tentang budayanya masing-masing.

Filmmaker yang berkarya di TFF merupakan filmmaker yang nota bene adalah kaum muda Indonesia, mereka telah merumuskan ide dan gagasannya melalui grammar visual dengan apa yang disebut film untuk metransformasikan pesan-pesan Indonesia yangg lain sebagai entitas kebudayaan itu sendiri.

Itulah melting plot yang dinamakan TFF, tempat bertemunya sejumlah gagasan kebudayaan Indonesia bahkan budaya luar untuk selanjutnya dilihat bersama, dibicarakan bersama, didiskusikan bersama dan menjadi tafsir Indonesia yangg multikultural. Menjadi titik temu bagi interaksi budaya antar lintas suku bangsa. Dalam kondisi inilah kebudayaan harus membuka pemahaman akan kekayaan dan keragaman warisan budaya yang kita miliki sebagai salah satu kekuasaan dan keunggulan yang kompetitif yang bisa dibanggakan dan memiliki daya produktif.

Toraja Film Festival 2018 hadir dengan tema “CULTURAL RESPECT”. Melalui tema ini diharapkan dapat melihat Indonesia kekinian.

Ruang lingkup tema “CULTURAL RESPECT” adalah bukan hanya budaya peninggalan nenek moyang, atau adat atau tradisi secara turun temurun melainkan juga menyangkut kebiasaan, tradisi yang tercipta seiring perkembangan jaman dan pola hidup modern yang ada disekitar kita.

[ 3458 view ]

Sumber (Source Link) : goo.gl/EGXP9B


Tag:

info lomba 2018 info lomba film 2018 toraja film festival 2018 lomba film pendek lomba video profil lomba video tantangan info lomba juni 2018 info lomba juli 2018

 

Info Lomba Terbaru:

Sayembara Desain Tengaran dan Patung Kemayoran 2018 Berhadiah Total 180 Juta Rupiah

Lomba Esai Nasional Tingkat Mahasiswa 2018 Universitas Ahmad Dahlan

Kompetisi Desain Seragam Ekskul 2019 Berhadiah Total 10 Juta Rupiah

Sayembara Desain Logo PT. BPR Bank Boyolali Perseroda 2019 Berhadiah Total 10 Juta Rupiah

Sayembara Desain Pasar Wisata Kota Batu 2018 Berhadiah Total 60 Juta Rupiah

Lomba Desain Logo dan Tagline Pariwisata Bojonegoro 2018 Berhadiah Total 20 Juta Rupiah

Sayembara Desain Arsitektur Kawasan Tugu Sp. Lima Takengon 2018 Berhadiah Total 178,5 Juta Rupiah

Pantai Mentari Mascot Design Challenge 2018 Berhadiah Total 22,5 Juta Rupiah

ETERNITY 3.0 By Universitas Ciputra 2019 Win Total Prize IDR 150 Million

Parahyangan Accounting Tournament for High School 2019 Berhadiah Total 23 Juta Rupiah

Tag Cloud:

2016 2017 2018 alam sutera aneka lomba aneka lomba islami archiray arsitektur balance bali bandung bank indonesia bekasi binus university blog competition bogor business case competition business plan competition call for paper canon indonesia cirebon competition dari balik lensa denpasar depok dikdas dmall electrical competition english debate competition essay competition faber-castell festival film pendek fraksi pks dpr ri gembie kids club gramedia greebel gsent hilo school iai ikatan arsitek indonesia industrial engineering competition info aneka lomba 2015 info aneka lomba 2016 info aneka lomba 2017 info aneka lomba 2018 info lomba info lomba 2017 info lomba 2018 info lomba agustus 2015 info lomba agustus 2016 info lomba agustus 2017 info lomba agustus 2018 info lomba april 2015 info lomba april 2016 info lomba april 2017 info lomba april 2018 info lomba bisnis 2016 info lomba bisnis 2018 info lomba blog 2015 info lomba blog 2016 info lomba blog 2017 info lomba blog 2018 info lomba business plan 2018 info lomba debat 2018 info lomba desain 2015 info lomba desain 2016 info lomba desain 2017 info lomba desain 2018 info lomba desember 2015 info lomba desember 2016 info lomba desember 2017 info lomba essay 2015 info lomba essay 2017 info lomba essay 2018 info lomba februari 2015 info lomba februari 2016 info lomba februari 2017 info lomba februari 2018 info lomba film pendek 2017 info lomba foto info lomba foto 2015 info lomba foto 2016 info lomba foto 2017 info lomba foto 2018 info lomba fotografi info lomba it 2015 info lomba it 2017 info lomba januari 2015 info lomba januari 2016 info lomba januari 2017 info lomba januari 2018 info lomba juli 2015 info lomba juli 2016 info lomba juli 2017 info lomba juli 2018 info lomba juni 2015 info lomba juni 2016 info lomba juni 2017 info lomba juni 2018 info lomba karya cipta 2016 info lomba karya cipta 2017 info lomba karya tulis info lomba karya tulis 2015 info lomba karya tulis 2016 info lomba karya tulis 2017 info lomba karya tulis 2018 info lomba lari 2016 info lomba lkti 2017 info lomba lkti 2018 info lomba maret 2015 info lomba maret 2016 info lomba maret 2017 info lomba maret 2018 info lomba mei 2015 info lomba mei 2016 info lomba mei 2017 info lomba menggambar info lomba menulis info lomba menulis 2015 info lomba menulis 2016 info lomba menulis 2017 info lomba menulis 2018 info lomba mewarnai 2015 info lomba mewarnai 2016 info lomba mewarnai 2017 info lomba november 2015 info lomba november 2016 info lomba november 2017 info lomba november 2018 info lomba oktober 2015 info lomba oktober 2016 info lomba oktober 2017 info lomba oktober 2018 info lomba olimpiade info lomba olimpiade 2016 info lomba olimpiade 2017 info lomba olimpiade 2018 info lomba robot 2016 info lomba september 2015 info lomba september 2016 info lomba september 2017 info lomba september 2018 info lomba video info lomba video 2016 info lomba video 2017 info lomba video 2018 info sayembara arsitektur info sayembara arsitektur 2016 info sayembara arsitektur 2017 info sayembara arsitektur 2018 info sayembara desain info sayembara desain 2016 innovation challenge instagram institut pertanian bogor institut teknologi sepuluh nopember international competition ipb itb its jakarta jbc jombang kemdikbud kemendikbud kemenkumham kementerian keuangan kime on ideas competition kompas kompetisi blog kompetisi desain kompetisi film pendek kompetisi fotografi kompetisi menulis kompetisi video kontes foto kontes seo kratingdaeng langit seni liputan6 lkti lktin lomba bayi merangkak lomba blog lomba cerdas cermat lomba cipta puisi lomba debat lomba desain lomba desain grafis lomba desain logo lomba desain meme lomba desain poster lomba esai lomba essay lomba fashion show lomba film pendek lomba foto lomba foto bayi lomba foto online lomba fotografi lomba inovasi lomba kaligrafi lomba karya cipta lomba karya tulis lomba karya tulis ilmiah lomba karya tulis ilmiah nasional lomba komik lomba lego lomba meme lomba menggambar lomba menulis lomba menulis artikel lomba menulis cerita lomba menulis cerpen lomba menulis essay lomba menulis surat remaja nasional lomba mewarnai lomba nasyid lomba pidato lomba poster lomba robot lomba spelling bee lomba video lomba vlog makassar malang matematika medan narescamp nestle indonesia nutrition expo olimpiade olimpiade ekonomi olimpiade fisika olimpiade matematika online photo contest padang paper competition pekanbaru penerbit erlangga peternakan dan pertanian photo competition photo contest photomarathon pnj politeknik negeri malang ppm school of management pt pln purwokerto riau sayembara arsitektur sayembara desain sayembara desain arsitektur sayembara desain logo sayembara fotografi sayembara perancangan arsitektur semarang short film competition skyscanner solo stie perbanas surabaya taman kanak-kanak tangerang teknik sipil telkomsel tingkat nasional ub ugm ui idea festival uin sunan gunung djati uisi ukmp ump unair undip unesa unila universitas airlangga universitas brawijaya universitas diponegoro universitas gadjah mada universitas hasanuddin universitas indonesia universitas jember universitas lampung universitas mulawarman universitas negeri makassar universitas negeri malang universitas negeri semarang universitas negeri yogyakarta universitas pendidikan indonesia universitas sebelas maret universitas surabaya universitas udayana unm unnes unpad uns untan uny usu video contest world education festival yogyakarta