Sayembara Desain Arsitektur Nusantara 3 2015 Berhadiah Total 350 Juta Rupiah

Info Sayembara Arsitektur 2016 | Sayembara Arsitektur berikut ini kembali digelar oleh Propan Raya dalam bulan Februari 2016 (lihat juga: Sayembara Desain Arsitektur Nusantara 2 2014). Dalam rangka meningkatkan potensi pariwisata di Indonesia, Propan Raya menyelenggarakan Sayembara Desain Bandar Udara Nusantara 2015 yang lokasinya ditentukan sebagai salah satu tujuan wisata bagi para wisatawan lokal maupun mancanegara, yakni Bandar Udara Mali di Kabupaten Alor Propinsi Nusa Tenggara Timur yang dikelola oleh Unit Penyelenggara Bandar Udara Kementerian Perhubungan. Melihat kondisi terminal penumpang bandar udara saat ini yang sebagian besar secara arsitektural masih belum dapat merepresentasikan suatu ciri khas ataupun kearifan lokal suatu daerah, sehingga salah satu upaya untuk memperkaya suatu desain arsitektur bangunan terminal penumpang bandar udara perlu dilakukan sayembara desain bandar udara. Melalui Sayembara Desain Bandar Udara Nusantara 2015, diharapkan akan memberikan stimulasi, menghimpun ide, kreativitas, potensi, sekaligus mengangkat kembali masyarakat penggiat arsitektur, perencana, dan pelaku pembangunan negeri ini untuk kembali menyadari betapa pentingnya usaha melestarikan arsitektur nusantara, berbekal visi global penerapan bangunan dan lingkungan yang berkelanjutan. Sayembara Desain Arsitektur Nusantara 3 2015 Berhadiah Total 350 Juta Rupiah.

DEADLINE PENDAFTARAN: 14 Februari 2016
DEADLINE PENGIRIMAN KARYA: 26 Februari 2016

Sayembara Desain Arsitektur Nusantara 3 2015 Berhadiah Total 350 Juta Rupiah

Tema : 
"Desain Arsitektur Nusantara yang mengkini untuk bandar udara di Indonesia"

Kriteria Peserta Sayembara:

  • Warga Negara Indonesia, usia tidak dibatasi, berdomisili di Indonesia atau di luar negeri.
  • Ketua Tim wajib memiliki sertifikat IAI Profesional (Sertifikat Arsitek Madya, Pratama atau Utama).
  • Ketua Tim adalah Arsitek yang memahami tentang aspek-aspek yang terkait kebandarudaraan.
  • Maksimum jumlah peserta dalam 1 tim tidak dibatasi dapat disesuaikan dengan bidang ilmu yang dibutuhkan; Mahasiswa boleh menjadi anggota tim
  • Sayembara ini tidak berlaku untuk karyawan/ti di lingkungan Kementerian Perhubungan, arsitek yang bekerja pada biro arsitek / perusahaan yang terkait dengan masing – masing dewan juri

Ketentuan Sayembara Arsitektur:

  • Setiap karya yang didaftarkan menjadi milik PT PROPAN RAYA selaku pihak penyelenggara dan dapat dimanfaatkan oleh Kementerian Perhubungan Republik Indonesia
  • Karya yang diikut sertakan adalah karya orisinal dan bukan karya orang lain atau modifikasi dari karya orang lain.
  • Pendaftaran dilakukan atas nama ketua tim dan pendaftar tersebut adalah orang yang bertanggung jawab atas karya yang diikut-sertakan pada sayembara.
  • Peserta maupun pemenang yang terbukti mendaftarkan diri dengan data pribadi palsu atau tidak benar dan melakukan kecurangan dalam kompetisi ini, maka akan didiskualifikasi dan tidak berhak menerima kompensasi atau hadiah dalam bentuk apapun.
  • Panitia berhak mendiskualifikasi tim atau karya yang tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  • Hasil karya
    • Konsep Desain Perencanaan
      • Konsep skematik desain, yang merupakan penjelasan dari filosofi desain dan konsep dasar bangunan dan fasilitas pendukung di sekitar bangunan terminal penumpang, yang terdiri dari penjelasan mengenai :
        1. Gagasan/Konsep Arsitektur untuk Bangunan Terminal Penumpang dan area sekitar terminal, perencanaan bangunan terminal dan fasilitas penunjangnya sesuai rencana induk dan rencana pengembangannya
        2. Konsep Zoning dan program ruang bangunan terminal penumpang
        3. Konsep Penataan Area Terminal Penumpang dan sekitar, antara lain : pintu gerbang masuk bandara, jalan akses menuju terminal, halaman parkir, area Ground Service Equipment (GSE), dan penataan lansekap)
        4. Konsep Sirkulasi dan Aksesibilitas keseluruhan aspek (penumpang, barang, karyawan, dan lain-lain)
        5. Konsep desain terminal dan rencana pengembangannya.
    • Gambar Perancangan
      • Gambar Pengembangan Desain yang berisikan uraian perencanaan desain meliputi :
        1. Gambar Rencana Induk Bandar Udara skala 1:1000
        2. Gambar Rencana Tapak/siteplan Area Terminal Penumpang, Parkir, Akses Masuk dan GSE skala 1 : 500
        3. Gambar Potongan tapak skala 1 : 500
        4. Gambar Denah, Tampak, Potongan bangunan skala 1 : 100 atau 1 : 200
        5. Layout sirkulasi Penumpang dan Barang
        6. Detail Arsitektur dan Interior dengan skala bebas
        7. Impresi suasana (Perspektif eksterior, perspektif interior dan perspektif kawasan)
        8. Detail Lansekap dan Pintu gerbang bandara
        9. Disarankan menyampaikan Animasi 3D
    • Dokumen Perkiraan Biaya
      • Pengiriman Hasil Karya :
        1. Pengiriman hasil karya menyertakan fotokopi tanda identitas diri (KTP atau passport) dari setiap anggota tim. Khusus ketua tim harus melampirkan tambahan fotokopi anggota IAI.
        2. Materi lomba disampaikan dalam media penyajian yang dibuat dalam format kertas A1, termasuk konsep dan skematik desain (maksimal 3 lembar). Setiap lembar harus bersih dari identitas diri dan nomor registrasi.
        3. Ketentuan hasil karya (soft copy) berupa file gambar berformat digital (JPG, atau pdf) dengan resolusi 300 pixel/inch dan gambar 3D high resolution, resolusi 300 dpi, frame/scene yang memiliki ukuran minimal 1500 pixel pada sisi terpendek atau ukuran minimal 25 x 34 cm (minimal file 20 MB).
        4. Lengkapi dengan penyajian hasil karya dalam format power point untuk presentasi pada proses final penjurian.
        5. Materi karya harus diserahkan sebanyak 1 set, sesuai dengan ketentuan pada point nomor 2.
        6. Formulir pendaftaran yang sudah ditandatangani oleh ketua tim harap dimasukkan ke dalam amplop terpisah dan dikirimkan bersama dengan hasil karya ke sekretariat sayembara : PT. PROPAN RAYA melalui pos atau kurir.

Info Sayembara Arsitektur lebih lengkap klik di sini 

Aspek-aspek Perancangan Yang perlu Diperhatikan:

RUANG LINGKUP DESAIN

Kriteria Skematik dan Pengembangan Desain Yang Harus Dipenuhi antara lain mencakup :

  • Rencana desain dibuat di lahan Bandar Udara eksisting, namun disesuaikan dengan tahapan dalam studi Rencana Induk.
  • Lahan yang direncanakan merupakan lahan yang sudah dibebaskan dan letak bangunan sesuai dengan Rencana Induk Bandar Udara
  • Tersedianya aksesibilitas jalan utama dan jalan sekunder menuju ke terminal bandara dan keluar dari bandara
  • Tersedianya lahan parkir yang cukup/berimbang sesuai kapasitas dan ditempatkan sesuai dengan persyaratan membangun dalam kawasan bandara
  • Tersedianya area hijau yang bebas dari bangunan, dimana area tersebut cukup dan layak sesuai peraturan daerah setempat dan dikelola dengan konsep penataan lansekap yang berbasis ekologis.
  • Kapasitas Bangunan Terminal Penumpang direncanakan dapat menampung 238.800 penumpang per tahun dan 220 penumpang pada jam sibuk dengan luasan terminal tahap ultimate 4.000 m2.
  • Kapasitas parkir yang direncanakan memiliki luas areal parkir kendaraan penumpang 3440 m2
  • Bangunan Terminal yang direncanakan merupakan bangunan yang dimungkinkan 2 Lantai, terdiri dari area keberangkatan dan kedatangan penumpang serta fasilitas lain untuk pelayanan penumpang dan pengguna bandar udara lainnya.
  • Area Keberangkatan harus dapat melayani fungsi bagi penumpang & pengguna jasa bandar udara antara lain terdapatnya Lobby/Hallkeberangkatan, ruang Check In, Sirkulasi, ruang Pemeriksaan penumpang dan barang (Security Check Point/SCP), ruang Tunggu Penumpang (Waiting Lounge), ruang Konsesi/Komersial (Non Aeronautical), Area Service (Toilet, Nursery Room, dll), ruang Kantor (maskapai penerbangan, staf bandara), dan ruang lainnya sesuai kebutuhan.
  • Area Kedatangan harus dapat melayani fungsi penumpang & pengguna jasa bandar udara antara lain Lobby/Hall kedatangan, ruang Pemeriksaan penumpang (Security Check Point/SCP), Sirkulasi, Area pengambilan bagasi dan jasa kehilangan bagasi, ruang konsesi/Komersial (Non Aeronautical), Area Service (Toilet, Nursery Room, dll), Area Informasi dan dan fasilitas penunjang lainnya.
  • Akses antara bangunan terminal menuju Apron (area GSE)
  • Kewajaran Perkiraan Biaya Pembangunan Gedung Terminal Penumpang maksimal Rp.12.000.000,- / m2

KRITERIA DESAIN

Dalam proses perencanaan, kriteria hasil sayembara diwajibkan untuk mempertimbangkan antara lain  :

  • Desain dengan Placemaking untuk Identitas berkelanjutan. Placemaking dijadikan tolok ukur terbesar dalam penilaian pada sayembara ini, karena dirasakan saat ini tampilan dari Terminal Penumpang Bandar Udara sebagian besar tidak mencerminkan identitas dan citra dari budaya dan kehidupan masyarakat sekitar yang seharusnya dapat diwakilkan dalam tipologi suatu bangunan ikonik seperti halnya bangunan Terminal Penumpang Bandar Udara.Placemaking akan memperkuat sensitivitas perancang terhadap lingkungan alami yang akan dibentuknya menjadi lingkungan terbangun, dimana akar alami yang pernah ada harus tetap dipertahankan dan dibawa dalam setiap pengejewantahan hasil sebuah desain, sehingga tidak hanya menekankan dalam praktik yang terstandar dan kreativitas tanpa batas.Konsep desain yang inovatif baik secara fungsi, program ruang, gubahan massa, memberikan nuansa kebudayaan setempat, dan dapat menciptakan suasana aman, nyaman dan memenuhi kriteria keandalan daya tahan terhadap waktu, cuaca maupun bahaya kebakaran serta memperhatikan aspek operasional.
  • Desain Terminal Penumpang Bandar Udara harus mempertimbangkan aspek keselamatan, keamanan dan kenyamanan (safety, security dan services) bagi penumpang dan pengguna bandar udara.
  • Desain Terminal Penumpang Bandar Udara dan fasilitas penunjangnya dengan pendekatan ramah lingkungan/ekologi.Paradigma mengelola lansekap dengan secara ekologi (Ecological Landscape) adalah dengan merencana dengan pendekatan sebagai berikut :
    Holistik, mempunyai hubungan erat dengan lingkungan alami, non alami dan buatan manusia dengan tidak menganggu satu sama lain sehingga keseimbangan alami tetap terjaga.
    Responsif, ekosistem yang terbangun harus dapat melestarikan, menghidupkan atau bahkan menciptakan keanekaragaman hayati, menghadapi resiko akan potensi kerusakan di masa depan namun tetap melindungi potensi karakter lansekap alami setempat
    Dinamis, tatanan lansekap yang diciptakan akan selalu dapat berkembang sesuai kebutuhan mendatang, bercermin pada lokalitas dan kearifan setempat, namun tetap memenuhi standar
    Intuitif, merupakan perpaduan yang unik dari emosional, imajinasi dan kreativitas perancang, dengan selalu belajar dari pengalaman pengguna dan penikmat lansekap
  • Desain Terminal Penumpang Bandar Udara harus mempertimbangkan eco-terminal  meliputi strategi Bandar Udara kedepan sebagai Roda Penggerak Ekonomi. (Los)
  • Desain dengan penerapan Teknologi tepat guna dan berwawasan lingkungan yang telah tersedia di pasaran.
  • Desain yang mempertimbangkan Kesehatan Bangunan dan Pengguna
  • Desain harus kaya akan material lokal, mudah dalam Perawatan dan memiliki ketahanan terhadap potensi ledakan.
  • Pengelolaan lansekap dengan konsep Ekologi (Ecological Landscape)
  • Desain harus dapat dikembangkan / berkelanjutan secara fleksibel, tidak mengganggu operasional
  • Desain perencanaan sebuah bangunan terminal penumpal dan fasilitas penunjangnya, baik aspek eksterior, aspek interior, pengelolaan lansekap hingga pengelolaannya dalam area terminal penumpang Bandar udara, harus merupakan satu kesatuan yang tidak terpisah (berhubungan satu dengan yang lain) secara konsep, kapasitas yang dibutuhkan serta pemahaman dan dalam pengejewantahan desain dengan mempertimbangkan kekayaan budaya lokal. Hal ini juga akan sangat berguna sebagai dasar dalam penyusunan rencana pengembangan kedepan.

DASAR/ACUAN PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN

Acuan peraturan perundang-undangan dalam sayembara desain bandar udara nusantara 2015, mengacu pada: 

  • ICAO Annex 17  dokumen 8973 aerodrome 14 tentang Keamanan 
  • IATA (Airport Development Reference Manual)
  • Undang-Undang No.1 Tahun 2009 tentang Penerbangan
  • Peraturan Pemerintah Nomor 50 tahun 2011 tentang Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Nasional
  • Peraturan Menteri Nomor 33 Tahun 2015 tentang Pengendalian Jalan Masuk (Access Control) ke Daerah Keamanan Terbatas di Bandar Udara, Pasal 3 ayat (2), Pasal 4:
  • Keputusan Menteri Perhubungan Nomor 31 Tahun 2013, tentang Program Keamanan Penerbangan Nasional; 
  • Draft Keputusan Menteri Perhubungan tentang Rencana Induk Bandar Udara Mali - Alor;
  • Surat Keputusan Direktur Jenderal Perhubungan Udara No. 347/XII/1999 tentang Standar Rancang Bangun dan/atau Rekayasa Bangunan Terminal dan Peralatan Bandar Udara;
  • Standar dan Spesifikasi dan Direktorat Jenderal Bina Marga, Departemen Pekerjaan Umum RI; 
  • CASR 139
  • Standar Nasional Indonesia (SNI); 
  • Standar Industri Indonesia (SII); 
  • Peraturan-peraturan lain yang berkaitan dengan pekerjaan ini;
  • Ketentuan ijin masuk lokasi proyek;
  • Peraturan, Standar dan Spesifikasi lain yang dikeluarkan oleh Kementerian Perhubungan atau Kementerian lain yang relevan;
  • Standard-standard lain yang relevan dengan jenis pekerjaan

Dewan Juri :

  1. Yori Antar : IAI - Nusantara Architect, Founder of Rumah Asuh, Principal Architect PT Han Awal and Partners
  2. Naning Adiwoso : HDII, GP - Ecological Airport and Interior Designer, Chairperson of Green Building Council Indonesia
  3. Andra Martin : IAI - Architect, Principal of Andra Martin Architect.
  4. Dharmali Kusumadi : Hospitality Architect and Travellers, Principal Architects of Architrave at Banyan Tree Holdings Limited
  5. Anggia Murni : IALI, GP - Ecological Landscape Architect, Principal of Tropica Greeneries
  6. Satrio Suryo Herlambang : IAI – Secretary General of Indonesia’ Architect Association
  7. Dr. Ir. Agus Santoso, M.Sc : Direktur Bandar Udara, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, Kementerian Perhubungan RI
  8. Teguh Pratomo : Kepala Sub Direktorat Personel dan Operasi Bandar Udara, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, Kementerian Perhubungan RI
  9. Liela Ubaidi : Tenaga Ahli Bidang Pengembangan Pelayanan Publik Kementerian Perhubungan RI
Hadiah Lomba :
Total hadiah Rp. 350.000.000 dengan rincian sbb :
  • PEMENANG UTAMA Rp. 150.000.000,-
  • PEMENANG HARAPAN @ Rp. 100.000.000,-
Info Lomba Lebih Lanjut :
Facebook : Propan Raya ICC
Twitter : @propanraya
Instagram : Propanraya

Sayembara

[ 2518 view ]

Sumber (Source Link) : bit.ly/1Cy8Yac



Tag:

info sayembara arsitektur 2016 propan raya sayembara desain arsitektur nusantara sayembara desain sayembara arsitektur desain bandar udara mali info lomba januari 2016 info lomba februari 2016

 

Info Lomba Terbaru:

Kontes Wujudkan Ide Kerenmu 2017 Berhadiah Total 50 Juta Rupiah

Lomba Foto Kreatif Instagram 2017 Berhadiah Total Puluhan Juta Rupiah

Sayembara Desain Logo Pasar Produk BUMN 2017 Berhadiah Total 10 Juta Rupiah

Kompetisi Video Icon PPG Kemenristekdikti 2017 Berhadiah Total 180 Juta Rupiah

LABIRIN Business Plan Competition 2017 Berhadiah Total 53 Juta Rupiah

Lomba Foto Crossborder Indonesia Kementerian Pariwisata 2017 Berhadiah Total 30 Juta Rupiah

Sayembara Desain Icon PUSPIPTEK Tahun 2017 Berhadiah Total 30 Juta Rupiah

Lomba Photo Hunting Pelabuhan Indonesia II 2017 Berhadiah Total 29,5 Juta Rupiah

Fight Against Cancer 2018 Photography Competition

Ajang Kreativitas Generasi Millenial 2018 Lomba Desain Kaos, Meme, dan Vlog Berhadiah Total 27 Juta Rupiah

Tag Cloud:

2016 2017 2018 alfamidi aneka lomba anak anugerah media humas 2015 architecture competition bali bandung batam binus blog competition bogor business plan competition call for paper ception coloring competition cooking competition debate championship depok disperindag electro fair 2015 epc eureca feb ugm fkm funworld gramedia greebel hari habitat dunia 2015 iai imajinesia info aneka lomba info aneka lomba 2015 info aneka lomba 2016 info aneka lomba 2017 info lomba info lomba 2017 info lomba 2018 info lomba agustus 2015 info lomba agustus 2016 info lomba agustus 2017 info lomba april 2015 info lomba april 2016 info lomba april 2017 info lomba bisnis 2016 info lomba blog 2015 info lomba blog 2016 info lomba blog 2017 info lomba business plan 2017 info lomba desain info lomba desain 2016 info lomba desain 2017 info lomba desember 2015 info lomba desember 2016 info lomba desember 2017 info lomba essay 2017 info lomba februari 2015 info lomba februari 2016 info lomba februari 2017 info lomba film pendek 2016 info lomba foto info lomba foto 2015 info lomba foto 2016 info lomba foto 2017 info lomba fotografi info lomba it 2016 info lomba januari 2015 info lomba januari 2016 info lomba januari 2017 info lomba juli 2015 info lomba juli 2016 info lomba juli 2017 info lomba juni 2015 info lomba juni 2016 info lomba juni 2017 info lomba karya cipta 2016 info lomba karya cipta 2017 info lomba karya tulis info lomba karya tulis 2015 info lomba karya tulis 2016 info lomba karya tulis 2017 info lomba lari 2016 info lomba lkti 2017 info lomba maret 2015 info lomba maret 2016 info lomba maret 2017 info lomba mei 2015 info lomba mei 2016 info lomba mei 2017 info lomba menggambar 2016 info lomba menulis 2015 info lomba menulis 2016 info lomba menulis 2017 info lomba mewarnai 2015 info lomba mewarnai 2016 info lomba mewarnai 2017 info lomba november 2015 info lomba november 2016 info lomba november 2017 info lomba oktober 2015 info lomba oktober 2016 info lomba oktober 2017 info lomba olimpiade info lomba olimpiade 2016 info lomba olimpiade 2017 info lomba robot 2016 info lomba september 2015 info lomba september 2016 info lomba september 2017 info lomba video info lomba video 2016 info lomba video 2017 info sayembara arsitektur info sayembara arsitektur 2016 info sayembara arsitektur 2017 info sayembara desain info sayembara desain 2016 instagram institut pertanian bogor institut teknologi sepuluh nopember international competition ipb itb its jakarta jember katadata kemendikbud kementerian kelautan dan perikanan kime on ideas competition kompetisi kompetisi blog kompetisi desain kompetisi film pendek kompetisi fotografi kompetisi olahraga kompetisi video kontes foto kontes seo lampung lkta lkti lktin lomba bayi sehat lomba blog lomba cerpen lomba debat lomba desain lomba desain kaos lomba desain logo lomba desain poster lomba esai nasional lomba essay lomba fashion show lomba foto lomba foto dan cerita lomba foto selfie lomba fotografi lomba inovasi lomba karaoke lomba karya ilmiah lomba karya tulis lomba karya tulis ilmiah lomba karya tulis ilmiah nasional lomba komik strip lomba matematika lomba menggambar lomba menulis lomba menulis artikel lomba menulis cerita lomba menulis cerpen lomba menulis essay lomba menyanyi lomba mewarnai lomba nasyid lomba pidato lomba poster lomba robotic lomba tahfidz lomba video lomba vlog makassar malang medan national essay competition nplc oktan olimpiade ekonomi olimpiade fisika nasional olimpiade matematika otoritas jasa keuangan palembang pejaten village pelindo pergizi pangan photo competition photo contest photon politeknik negeri ppm manajemen pt pln rally photo samsung galaxy sayembara arsitektur sayembara desain sayembara desain arsitektur sayembara desain logo sayembara fotografi sayembara perancangan arsitektur semarang short movie competition smansasi solo stie sebi surabaya taman safari indonesia technocorner telkomsel tingkat nasional ubm ugm uii uin syarif hidayatullah ukdw umsida unair undip unesa unimed universitas airlangga universitas brawijaya universitas diponegoro universitas gadjah mada universitas indonesia universitas jember universitas lampung universitas nasional sebelas maret universitas negeri malang universitas negeri semarang universitas negeri yogyakarta universitas riau universitas sebelas maret universitas tanjungpura unj unnes unpar uns untirta uny usu vlog competition writing contest yogyakarta