PMI INNOVATION CHALLENGE 2016 Lomba Tantangan Inovasi Ketahanan Banjir

PMI

Info Lomba Desember 2016 | Lomba Inovasi berikut ini diselenggarakan oleh Palang Merah Indonesia pada bulan Desember 2016. INNOVATION CHALLENGE 2016 ini digelar oleh Palang Merah Indonesia dalam rangka memeriahkan ulang tahun PMI yang ke-71. Lomba Tantangan Inovasi Ketahanan Banjir ini diselenggarakan oleh Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah, bersama dengan mitra mitranya untuk menemukan dan mendukung pendekatan-pendekatan baru untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan kemanusiaan dan pembangunan, dan berusaha memastikan bahwa masyarakat lokal dan yang terkena dampak yang akan memimpin proses.

INNOVATION CHALLENGE 2016 Lomba Tantangan Inovasi Ketahanan Banjir

DEADLINE: 14 Desember 2016

Tantangan ini berusaha untuk mengidentifikasi dan mendukung innovator-inovator lokal di Indonesia. Ide/gagasan harus didasarkan pada kebutuhan masyarakat setempat dengan koneksi langsung ke masyarakat itu sendiri untuk memastikan bahwa ide/gagasan sesuai dengan konteks dan kemungkinan besar dapat direalisasikan. Tantangan ini akan memprioritaskan inovasi-inovasi yang sudah dilaksanakan/dicetuskan dalam berbagai bentuk. Inovasi-inovasi yang terpilih akan memiliki akses kolaborasi dan jejaring kerja, dana hibah dan berbagai peluang lain untuk organisasiorganisasi lokal dalam rangka merealisasikan inisiatif/gagasan tersebut dan bekerja dengan mitra-mitra baru.   

Tema dan Subtema 
Fokus dari tantangan inovasi ini adalah ketahanan banjir. Dalam konteks ini, kami bertujuan untuk mengidentifikasi cara-cara dan pendekatan yang inovatif untuk membangun ketahanan masyarakat. Pengajuan ide/gagasan harus berkenaan dengan satu atau lebih dari sub-tema berikut:                                                  

  • Melindungi sumber mata pencaharian
Banjir sering menyebabkan gangguan serius dan hilangnya mata pencaharian masyarakat. Bagi petani petani skala kecil, ini berarti lahan-lahan mereka akan terendam banjir dan rusak dan hilangnya hasil pertanian mereka. Untuk pengelola toko, ini berarti penutupan usaha selama berminggu-minggu sampai banjir surut dan perekonomian lokal dapat bergerak kembali. Apa yang dapat dilakukan untuk mengurangi dampak banjir dikaitkan dengan mata pencaharian masyarakat? Bagaimana kita dapat mencegah gangguan ekonomi dalam kehidupan masyarakat secara lebih baik?
  • Lingkungan dan ekosistem
Kalau terjaga dan terkelola dengan baik, alam dapat melindungi orang dari banjir. lingkungan daerah aliran sungai (DAS) yang terkelola  dengan baik dapat menahan laju curah hujan, sementara daerah/hutan yang gundul tanpa ada tanaman pohon di daerah hulu memungkinkan air hujan dibawa sampai ke wilayah hilir dengan pergerakan yang sangat cepat. Demikian pula, terumbu karang dan hutan bakau(mangrove) yang terawat dapat memberikan perlindungan dari tsunami dan gelombang badai dan banjir yang datang secara bersamaan. Selain perlindungan, lingkungan yang dikelola dengan baik juga dapat memberikan manfaat ekonomi melalui pariwisata, persediaan makanan dan air bersih. Bagaimana kita dapat menjaga lingkungan alam kita dengan sebuah cara agar dapat meningkatkan ketahanan terhadap banjir?  
  • Air dan sanitasi
Banjir sering mencemari persediaan air, menghancurkan fasilitas sanitasi dan menciptakan peluang penyebaran penyakit yang ditularkan melalui vektor. Bagaimana kita memastikan akses untuk air bersih, sanitasi dan kesehatan sebelum, saat dan setelah banjir bisa lebih baik?     
  • Informasi & Aksi
Bagaimana kita bisa memastikan orang-orang memiliki akses ke informasi-informasi yang relevan tentang banjir, baik sebelum, saat dan setelah peristiwa banjir? Misalnya: sistem peringatan dini & aksi dini, alat-alat pengetahuan & pembelajaran, pendidikan/pembelajaran masyarakat, mobilisasi masyarakat/ sukarelawan. Bagaimana kita dapat memberdayakan orang untuk bertindak berdasarkan informasi yang diberikan tentang banjir secara lebih baik? Apakah ada cara-cara yang inovatif tentang bagaimana sekelompok masyarakat/orang membangun ketahanan terhadap banjir dimana orang lain juga harus mengetahui dan memahaminya? Bagaimana kita berbagi dan/atau memastikan akses terhadap informasi ini bisa lebih sistematis?   
 
Kriteria 
Proposal akan dipilih berdasarkan kriteria berikut:
  • Novelty (kebaruan): Apakah inovasi tersebut bersifat baru? Atau apakah inovasi tersebut  mengembangkan solusi/pendekatan yang telah ada dengan cara-cara yang baru dan un
  • Relevance (Relevansi): Apakah inovasi tersebut dapat menjawab sebuah permasalahan yang spesifik dengan mempertimbangkan konteks lokal?  
  • Inclusiveness(Inklusif): Apakah inovasi tersebut dapat menjawab kebutuhan masyarakat yang rentan terhadap banjir?-khususnya wanita, anak-anak dan orang-orang yang hidup dengan keterbatasan fisik/cacat.
  • Viability (Kelangsungan): Apakah inovasi yang ditawarkan dapat menunjukkan kelayakan dan keberlanjutan? Apakah sudah di buat dalam bentuk prototype?
  • Partnerships (Kemitraan): Apakah ada sedikitnya 2 orang dan/atau organisasi dengan keahlian pelengkap yang mengirimkan proposal?
  • Cost effectiveness (Efektivitas biaya):  Seberapa efektifkah inovasi tersebut bila dilihat dari segi biaya dan apakah inovasi tersebut dapat terukur?   
Penilaian 
Panel juri independen akan mengevaluasi proposal-proposal tantangan inovasi dan akan memilih para pemenang. Keputusan panel bersifat mutlak dan tidak dapat di ganggu gugat, dan permintaan untuk peninjauan kembali (review) tidak akan di layani.  
 
Hadiah 
Para pemenang akan menerima kombinasi dari pendanaan dan imbalan non-finansial.
  • Publisitas ‐ Ide/gagasan terbaik akan di pamerkan di konferensi inovasi
  • Kemitraan ‐ Di berikan koneksi ke lembaga pemerintah, non-pemerintah, lembaga-lembaga sektor swasta.
  • Pendanaan ‐ Pendanaan akan diberikan untuk masing-masing tema:
  1. Pemenang pertama  : 3.500 Swiss Franc (CHF)
  2. Pemenang kedua  : 2.500 Swiss Franc (CHF)
Untuk “ide/gagasan paling kreatif” akan mendapatkan 5.000 Swiss Franc (CHF) Kegiatan-kegiatan/aspek yang memenuhi syarat dan ketentuan untuk mendapatkan pendanaan tersebut dalam bentuk ‘mini-grant’ adalah sebagai berikut:
  • Keahlian teknis
  • Biaya personel
  • Pelatihan/workshop ‐ Material  
  • Aspek-aspek lain yang di anggap penting dan di butuhkan didasarkan pada desain inovasi seperti kegiatan(event), advokasi dan komunikasi      
Persyaratan  
 
Terbuka untuk perorangan/kelompok atau lembaga/organisasi yang berbasis di Indonesia.  
 
Cara pendaftaran 
 
Peserta harus  melengkapi aplikasi sederhana (baik dalam bentuk catatan konsep atau audio visual) dan mengirimkannya secara online sebelum tenggat waktu. Bantuan tentang bagaimana cara pengiriman aplikasi akan diberikan kepada mereka yang membutuhkan.
 
Proposal dapat di kirim dalam berbagai format (tertulis, video, dan lain-lain), tetapi harus dapat menjawab 3 pertanyaan utama:
  • Latar belakang: Permasalahan apa yang menuntut diadakan inovasi?
  • Solusi: Gagasan/solusi apa yang ditawarkan dan bagaimana gagasan/solusi tersebut dapat mengatasi permasalahan?
  • Manajemen dan keberlanjutan: Bagaimana solusi tersebut akan diimplementasikan dan dapat menjamin keberkelanjutan?   

Proposal inovasi harus di kirim ke : innovationchallengeindonesia@gmail.com     
 
Batas waktu pendaftaran 
 
Pemasukan proposal tantangan inovasi akan dibuka dari tanggal 27 Oktober 2016 sampai dengan 14 Desember 2016.  Para pemenang akan diundang ke sebuah marketplace dan kegiatan pameran hasil karya (showcase) untuk mempresentasikan inovasi-inovasi mereka dan mengeksplorasi potensi kemitraan dengan organisasi-organisasi yang berbeda. Kegiatan konferensi inovasi akan berlangsung pada awal Februari 2017.   
 
Contact person 
Jika anda memiliki pertanyaan dan membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan kirimkan email ke innovationchallengeindonesia@gmail.com    

[ 2208 view ]

Sumber: bit.ly/2fVqlgx


Tag:

info lomba karya cipta 2016 innovation challenge lomba tantangan inovasi ketahanan banjir pmi palang merah indonesia info lomba november 2016 info lomba desember 2016

 

Info Lomba Terbaru:

Pertamina Ide Gila Energy Competition 2017 Berhadiah Total 500 Juta Rupiah

Sayembara Penulisan Biografi Mini Tokoh Indonesia 2017 Para Penyala Indonesia

Architecture Festival 2017 Architecture Competition "Urban Housing"

Sayembara Desain Toilet Umum 2017 Berhadiah Total 300 Juta Rupiah

ENVIRONATION 2017 Lomba Inovasi Teknologi Lingkungan

Archi Ray 2016 Sayembara Rumah Kreatif Untuk Masyarakat Marginal

MANIFEST 2017 Manajemen Bisnis Festival ITS

JFDC 2017 Junior Fashion Designer Competition

Brawijaya English Tournament 2017 English Speech, Story Telling, Debate, and Newscasting

OBI Olimpiade Biologi 2017 Berhadiah Total 15 Juta Rupiah

Tag Cloud:

2016 2017 aneka lomba architecture bali bandung bekasi blog competition bogor call for paper colour your day dari balik lensa depok eats production erlangga for kids feb ui frisian flag gramedia greebel hellomotion ikatan arsitek indonesia info aneka lomba 2015 info aneka lomba 2016 info lomba info lomba 2017 info lomba agustus 2015 info lomba agustus 2016 info lomba april 2015 info lomba april 2016 info lomba bisnis 2016 info lomba blog 2015 info lomba blog 2016 info lomba debat 2016 info lomba desain 2015 info lomba desain 2016 info lomba desember 2015 info lomba desember 2016 info lomba februari 2015 info lomba februari 2016 info lomba februari 2017 info lomba foto info lomba foto 2015 info lomba foto 2016 info lomba fotografi info lomba it 2016 info lomba januari 2016 info lomba januari 2017 info lomba juli 2015 info lomba juli 2016 info lomba juni 2015 info lomba juni 2016 info lomba karya cipta 2016 info lomba karya tulis info lomba karya tulis 2015 info lomba karya tulis 2016 info lomba karya tulis 2017 info lomba maret 2015 info lomba maret 2016 info lomba mei 2015 info lomba mei 2016 info lomba menggambar 2016 info lomba menulis 2015 info lomba menulis 2016 info lomba mewarnai 2015 info lomba mewarnai 2016 info lomba november 2015 info lomba november 2016 info lomba oktober 2015 info lomba oktober 2016 info lomba olimpiade info lomba olimpiade 2016 info lomba robot info lomba september 2015 info lomba september 2016 info lomba video info lomba video 2016 info sayembara arsitektur info sayembara arsitektur 2016 info sayembara desain info sayembara desain 2016 institut pertanian bogor international competition isoc its jakarta journalist award kemendikbud kkp kompetisi blog kompetisi desain kompetisi foto kompetisi fotografi kompetisi seni kontes foto kontes seo line tracer lkti lktin lomba blog lomba cerpen lomba debat lomba desain busana lomba desain logo lomba desain poster lomba essay lomba fashion show lomba foto lomba foto instagram lomba fotografi lomba it lomba karya cipta lomba karya tulis lomba karya tulis ilmiah lomba karya tulis ilmiah nasional lomba lari lomba menggambar lomba menulis lomba menulis blog lomba menulis cerpen lomba menulis essay lomba mewarnai lomba nasyid lomba poster lomba short movie lomba tilawatil quran lomba video makassar malang media indonesia nikon indonesia olimpiade biologi olimpiade fisika nasional olimpiade matematika padang pekan ilmiah dan kreativitas remaja pergizi pangan photo competition photo contest planopolis its prasetiya mulya rajapremi sayembara arsitektur sayembara desain sayembara desain interior sayembara desain maskot sayembara jingle semar semarang sinar mas land solo surabaya tangerang tingkat nasional udinus ugm uii uisi umn unair undip unhas universitas airlangga universitas brawijaya universitas gadjah mada universitas indonesia universitas kristen petra universitas nasional sebelas maret universitas negeri semarang universitas pendidikan ganesha universitas sriwijaya unj unnes uns uny video contest yogyakarta